Paparan cahaya terang di malam hari tingkatkan risiko terkena diabetes

Paparan cahaya terang di malam hari dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, demikian menurut sebuah penelitian terbaru. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat mengganggu ritme alami tubuh dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Para ilmuwan menemukan bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat mengganggu produksi hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin berperan penting dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Gangguan produksi hormon insulin dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes.

Selain itu, paparan cahaya terang di malam hari juga dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian adalah jam biologis dalam tubuh yang mengatur berbagai proses fisiologis, termasuk metabolisme tubuh. Gangguan ritme sirkadian dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam produksi hormon dan metabolisme tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga lingkungan tidur yang sebaik mungkin, termasuk menghindari paparan cahaya terang di malam hari. Kita dapat menggunakan tirai yang tebal atau kaca film anti-UV untuk menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan saat tidur. Selain itu, kita juga dapat mematikan lampu tidur dan menghindari penggunaan gadget yang menyala terlalu terang di malam hari.

Dengan menjaga lingkungan tidur yang baik dan menghindari paparan cahaya terang di malam hari, kita dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan menjaga kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan biarkan cahaya terang mengganggu kesehatan tubuh kita, mulailah menjaga lingkungan tidur yang sebaik mungkin mulai sekarang.