Mengenal diseksi aorta, deteksi dini dan cara penanganannya

Aorta adalah pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Aorta terbagi menjadi dua bagian, yaitu aorta asenden yang berada di atas jantung dan aorta descendens yang berada di bawah jantung. Diseksi aorta adalah kondisi dimana lapisan dalam aorta terkoyak, sehingga darah dapat masuk ke dalam lapisan aorta dan membentuk kantung darah yang disebut false lumen.

Diseksi aorta merupakan kondisi yang sangat serius dan dapat mengancam nyawa penderitanya. Gejala diseksi aorta dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan koyakan pada aorta. Beberapa gejala umum yang dapat muncul adalah nyeri dada yang tiba-tiba dan hebat, nyeri punggung, nyeri perut, nyeri dada yang menjalar ke punggung, sesak napas, tekanan darah tidak stabil, dan denyut nadi yang tidak teratur.

Deteksi dini sangat penting dalam penanganan diseksi aorta. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, analisis darah, electrocardiogram (EKG), dan pencitraan seperti CT scan atau MRI untuk mendiagnosis diseksi aorta. Penanganan diseksi aorta tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi koyakan pada aorta. Beberapa metode penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan obat-obatan untuk mengendalikan tekanan darah, melakukan operasi untuk memperbaiki koyakan pada aorta, atau melakukan tindakan endovaskular untuk menstabilkan dinding aorta.

Untuk mencegah terjadinya diseksi aorta, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain menjaga tekanan darah tetap stabil, menghindari merokok, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Jika Anda mengalami gejala diseksi aorta atau memiliki faktor risiko untuk terkena penyakit ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan mengenali gejala diseksi aorta, melakukan deteksi dini, dan segera melakukan penanganan yang tepat, Anda dapat mencegah komplikasi dan meningkatkan kesempatan untuk sembuh dari kondisi ini. Kesehatan adalah hal yang sangat berharga, jadi jangan ragu untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh Anda dan berkonsultasi dengan dokter secara berkala. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.